NEWS UPDATE :  

Berita

PUASA RAMADHAN WAJIB??


Mengapa kita harus berpuasa sih?

Sebelum membahas secara lanjut mengapa kita harus berpuasa, alangkah baiknya kita baca dulu firman Allah Qs. Al-baqarah :183 yang berbunyi

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Setelah kita membaca ayat di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa perintah untuk berpuasa bertujuan untuk diri kita sendiri yaitu bertakwa. Bertakwa artinya takut kepada Allah sehingga kita bisa menjalankan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Kita percaya bahwa apapun yang diperintahkan oleh Allah pasti baik untuk diri kita dan segala larangan Allah pasti buruk untuk kehidupan kita.

Sekarang kita bahas lagi mengapa sih kita harus berpuasa?. Selain meningkatkan ketakwaan, puasa juga menjadi sarana kita untuk selalu mensyukuri nikmatNya, belajar menjadi orang yang sabar dalam menahan nafsu dan syahwat dan juga kita bisa merasakan bagaimana orang yang fakir menjalani kehidupannya sehingga kita terdorong untuk membantu dan mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita selama ini.

Tahukah kalian?

Pahala puasa itu yang memberikan secara langsung itu Allah loh! Rasulullah bersabda dalam hadis shahih riwayat Bukhari, dari Abu Hurairah RA

كل عمل ابن آدم له إلا الصوم فإنه لي وأنا أجزي به

 Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa, sebab ia hanyalah untuk-Ku dan Akulah yang akan memberikan ganjaran padanya secara langsung ”.

Hadis ini merupakan hadis yang mengandung fadhilah puasa dan keistimewaannya dibandingkan dengan ibadah lainnya. Allah ta’ala telah mengkhususkan ibadah puasa ini untuk-Nya. Karena puasa merupakan amalan batin yang hakikatnya tidak diketahui kecuali Allah ta’ala, dan orang yang melakukannya sendiri. Puasa merupakan ibadah yang berbentuk niat dalam hati. Berbeda dengan semua amalan lainnya, yang bisa dilihat dan nampak oleh mata orang lain.

Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda :

من صام رمضان إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ من ذَنْبِهِ

“barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu”

Ternyata tidak hanya pahala langsung dari Allah, Tapi Allah juga mengampuni dosa-dosa kita yang telah lalu. Allah Baik banget kan

Naah, gimana nih?? Nggak mau dapet pahala express langsung dari Allah dan Diampuni segala dosa kita??

Masih ragu untuk berpuasa??

Sayang banget kan pahalanya..

Happy fasting everyone :)